Cara Mencegah Terjadinya Kanker Prostat


Kanker prostat adalah kanker yang terjadi pada prostat - kelenjar berbentuk kenari kecil pada pria yang menghasilkan cairan mani yang memberi makan dan mengangkut sperma.



Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling umum pada pria. Biasanya kanker prostat tumbuh perlahan dan awalnya terbatas pada kelenjar prostat, dimana hal itu mungkin tidak menimbulkan bahaya serius. Namun, sementara beberapa jenis kanker prostat tumbuh perlahan dan mungkin memerlukan perawatan minimal atau bahkan tidak ada pengobatan, jenis lainnya agresif dan bisa menyebar dengan cepat.

Kanker prostat yang terdeteksi sejak dini - saat masih terbatas pada kelenjar prostat - memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengobatan yang berhasil.

Gejala
  • Kanker prostat tidak menyebabkan tanda atau gejala pada tahap awal.
  • Kanker prostat yang lebih maju bisa menyebabkan tanda dan gejala seperti:
  • Kesulitan buang air kecil
  • Berkurangnya kekuatan di aliran urine
  • Darah dalam air mani
  • Ketidaknyamanan di daerah pelvis
  • Sakit tulang
  • Disfungsi ereksi

Penyebab
  • Kelenjar prostat
  • Kelenjar prostat
Tidak jelas apa penyebab kanker prostat.


Dokter tahu bahwa kanker prostat dimulai saat beberapa sel di prostat Anda menjadi abnormal. Mutasi DNA sel abnormal menyebabkan sel tumbuh dan membelah lebih cepat daripada sel normal. Sel-sel abnormal terus hidup, ketika sel-sel lain akan mati. Akumulasi sel abnormal membentuk tumor yang bisa tumbuh menyerbu jaringan terdekat. Beberapa sel abnormal juga bisa pecah dan menyebar (bermetastasis) ke bagian tubuh yang lain.

Faktor risiko

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker prostat antara lain:
Usia. Risiko kanker prostat meningkat seiring bertambahnya usia.

Ras. Untuk alasan yang belum ditentukan, pria kulit hitam memiliki risiko kanker prostat lebih besar dibanding pria dengan ras lain. Pada pria kulit hitam, kanker prostat juga lebih cenderung agresif atau maju.

Sejarah keluarga. Jika pria di keluarga Anda terkena kanker prostat, risiko Anda mungkin meningkat. Juga, jika Anda memiliki riwayat gen keluarga yang meningkatkan risiko kanker payudara (BRCA1 atau BRCA2) atau riwayat keluarga kanker payudara yang sangat kuat, risiko kanker prostat Anda mungkin lebih tinggi.

Kegemukan. Pria gemuk yang didiagnosis dengan kanker prostat mungkin lebih cenderung memiliki penyakit lanjut yang lebih sulit diobati.

Komplikasi

Komplikasi kanker prostat dan perawatannya meliputi:

Kanker yang menyebar (bermetastasis). Kanker prostat dapat menyebar ke organ terdekat, seperti kandung kemih Anda, atau berjalan melalui aliran darah atau sistem limfatik ke tulang atau organ tubuh lainnya. Kanker prostat yang menyebar ke tulang bisa menyebabkan nyeri dan patah tulang. Begitu kanker prostat telah menyebar ke area lain di tubuh, ia mungkin masih menanggapi pengobatan dan mungkin dikendalikan, namun tidak mungkin disembuhkan.

Inkontinensia Baik kanker prostat maupun pengobatannya bisa menyebabkan inkontinensia urin. Pengobatan untuk inkontinensia tergantung pada jenis yang Anda miliki, seberapa parahnya dan kemungkinannya akan membaik seiring berjalannya waktu. Pilihan pengobatan mungkin termasuk obat, kateter dan operasi.

Disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi bisa terjadi akibat kanker prostat atau perawatannya, termasuk operasi operasi, radiasi atau perawatan hormon. Obat-obatan, perangkat vakum yang membantu dalam mencapai ereksi dan pembedahan tersedia untuk mengatasi disfungsi ereksi.

Pencegahan

Anda Bisa Mengurangi Risiko Kanker Prostat Jika Anda:

Pilihlah makanan sehat yang penuh dengan buah dan sayuran. Hindari makanan berlemak tinggi dan malah fokus memilih aneka buah, sayuran dan biji-bijian. Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang dapat memberi kontribusi pada kesehatan Anda.

Apakah Anda dapat mencegah kanker prostat melalui diet belum terbukti secara meyakinkan. Tapi mengonsumsi makanan sehat dengan berbagai buah dan sayuran bisa meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Pilih makanan sehat dari suplemen. Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen berperan dalam mengurangi risiko kanker prostat. Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang kaya vitamin dan mineral sehingga Anda bisa menjaga kadar vitamin sehat di tubuh Anda.

Olahraga hampir setiap hari dalam seminggu. Olahraga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, membantu Anda mempertahankan berat badan dan meningkatkan mood Anda. Ada beberapa bukti bahwa pria yang tidak berolahraga memiliki kadar PSA yang lebih tinggi, sementara pria yang berolahraga berisiko memiliki kanker prostat lebih rendah.

Cobalah berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu. Jika Anda baru berolahraga, mulailah lamban dan kerjakan cara Anda sampai lebih banyak waktu berolahraga setiap hari.

Pertahankan berat badan yang sehat. Jika berat badan Anda saat ini sehat, usahakan mempertahankannya dengan berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu. Jika Anda perlu menurunkan berat badan, tambahkan lebih banyak olahraga dan kurangi jumlah kalori yang Anda makan setiap hari. Mintalah bantuan dokter untuk membuat rencana penurunan berat badan yang sehat.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang peningkatan risiko kanker prostat. Pria dengan risiko tinggi terkena kanker prostat mungkin mempertimbangkan pengobatan atau pengobatan lain untuk mengurangi risikonya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi inhibitor 5-alfa reduktase, termasuk finasteride (Propecia, Proscar) dan dutasteride (Avodart), dapat mengurangi keseluruhan risiko pengembangan kanker prostat. Obat ini digunakan untuk mengendalikan pembesaran kelenjar prostat dan rambut rontok pada pria.


Namun, beberapa bukti menunjukkan bahwa pria yang meminum obat ini mungkin memiliki peningkatan risiko terkena kanker prostat yang lebih serius (kanker prostat tingkat tinggi). Jika Anda khawatir dengan risiko terkena kanker prostat, bicarakan dengan dokter Anda.

Link Sponsor : Apotek Herbal

1 Response to "Cara Mencegah Terjadinya Kanker Prostat"

  1. Memperkenalkan, Ace Maxs Obat Kanker Payudara alami berbahan dasar 100% Herbal. Mengobati kanker payudara stadium awal hingga stadium khasiat ace maxs akhir dengan efektif dan aman tanpa operasi, tanpa kemoterapi, tanpa radiasi Dunia Pom Mini dan tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan. Cara Order Ace Maxs Kualitasnya terjamin, sudah terdaftar Legalitas Ace Maxs di BPOM RI dan DEPKES RI. Simak kandungan lengkap dan keunggulannya berikut ini! Ace Maxs

    BalasHapus